Ramadhan Kareem 1445H

         Bulan Suci Ramadhan Penuh Berkah

Bulan suci Ramadhan adalah bulan memberi dan Allah tampakkan pemberian-Nya. Hal ini merupakan bagian dari keutamaan bulan Ramadhan dalam hadist lain yang artinya," Seluruh perbuatan anak Adam untuknya kecuali ibadah puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Akulah yang akan membalasnya." Ramadhan merupakan ibadah puasa yang dilaksanakan pada bulan kesembilan dalam kalender hijriah.Pada bulan ini,umat Muslim. Diseluruh dunia melakukan ibadah puasa dan memperingati Wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW dan puasa Ramadhan merupakan salah satu  rukun Islam.

Momentum Ramadhan dengan ibadah puasanya adalah kesempatan emas bagi orang yang merasa memiliki dosa di hadapan Tuhannya. Karena apabila dosa-dosa itu tidak diampuni, tentulah ia akan membuahkan penyesalan, kesedihan, dan rasa takut kelak di hari pembalasan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari dan Muslim). Untuk Ramadhan yang lebih berkualitas, selain menjalankan kewajiban puasa, kita juga bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang positif, seperti tadarus al-quran, mengikuti pengajian, dan lain-lain.

Selain majelis dzikir dan maulidurrasul Muhammad SAW., Pengajian kitab-kitab salaf juga bisa dilakukan pada bulan suci Ramadhan. Meski tidak hadir ke majelisnya langsung, kita tetap dapat mengikuti kegiatan dengan virtual, seperti live streaming youtube. Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur merupakan pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Setiap bulan suci Ramadhan, Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur mengadakan pengajian kitab salaf di Pondok Pesantren Sunan Drajat. Hal ini juga merupakan kegiatan wajib santri dan santriwati disana. Kitab yang diajarkan pada Ramadhan kali ini adalah kitab “Durrotun Nasihin”. Kegiatan ini diadakan setiap hari, selepas sholat tarawih hingga menjelang waktu sahur. Namun pada jam 00.00 akan dilaksanakan istirahat selama kurang lebih 30 menit, dan akan dilanjutkan mengaji hingga pukul 02.30 dini hari

Dalil perintah puasa Ramadhan yang terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 183 menunjukkan bahwa puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu. Kewajiban ini ditegaskan dengan kata "diwajibkan" yang menunjukkan perintah yang mengikat.

Ada beberapa keutamaan -keutamaan bulan Ramadhan. Hal ini dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadist yang berbunyi:"Awal bulan Ramadhan adalah Rahmat,pertengahan adalah ampunan,sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka."(HR.Al-Baihaqi).

Penulis:

https://www.instagram.com/mhrn_zk?igsh=aWN3cm81dTZjZmRw








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses regristasi administrasi keuangan dan pembayaran Unusa

kesempatan sertifikasi mahasiswa