Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas


Pemateri: Bapak Mukari.M.Si dan Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd - Komisi IV DPR RI
Tema: Pancasila Sebagai Dasar Pembangunan Indonesia Emas

          Pembangunan yang ada di Indonesia harus sesuai dengan nilai nilai luhur yang ditetapkan di Indonesia. Indentites Indonesia adalah pancasila. Pembangunan dalam perspektif pancasila merujuk pada nilai nilai pancasila. Oleh karena itu pancasila tidak perlu dipertentangkan dengan agama islam. Karena pancasila itu sudah sangat sesuai dengan pancasila dan tidak melenceng dari agama islam. 

        Badan pusat statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk yang pada masa usia produktif, yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat. Bonus demografis ini akan memuncak sekitar pada tahun 2030 dimana komposisi penduduk Indonesia pada tahun tersebut akan didominasi oleh kelompok usia produktif.

Pancasila dan pembangunan

  • Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala spek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila
  • Pembangunan Nasional adalah untuk manusia Indonesia, di mana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
  • Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat. Manusia tidak hanya mengutamakan tercapainya kebutuhan materi tetapi juga kebahagiaan spritual.


Website UNUSA: https://unusa.ac.id/

Lihat juga blog teman saya blog mila

Sosial Media:

Facebook: https://www.facebook.com/unusaoffcialfb

Instagram: https://www.instagram.com/unusa_officia



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan Kareem 1445H

Proses regristasi administrasi keuangan dan pembayaran Unusa

kesempatan sertifikasi mahasiswa